Pikiran

kamu aja yang gathering

Sekarang jam 2:19.

Jadi kayak kebiasaan gitu stay up late sampe jam segini karena juga udah vibe-vibe liburan dan bawaannya mau ngelakuin banyak hal, padahal hal yang dilakuin juga kadang gaada faedahnya, hahahahah.

Jadi gua tiba-tiba pengen nulis jam segini, gua langsung buka laptop gua buat nulis, karena mager ngetik di handphone trus capek gitu kalo sambil tiduran ngetiknya.

Sebenernya ini hal yang udah lama kepikiran di benak gua, tapi gua gak tau banget jawabannya gitu lho.

Ada tutor gua di tahun kemarin yang ngungkapin kalo misalnya pas zaman prasejarah itu lho, kan manusia purba itu mostly gathering sama hunting, walaupun bakal ada agricultural revolution nantinya. Pada umumnya cewek itu gathering, sedangkan cowok itu hunting. Trus doi ngekorelasiin dua hal ini sama efek yang di dapat gitu, yang mana malah kebawa sampe sekarang di diri kita. Sebenernya gua gak segitu tau kebenaran hal yang dia ungkapin, bisa jadi cuma asumsi dia atau pemikiran dia, gua juga bukan ahli sejarah, biologi, antropologi, atau arkeologi, tapi menurut gua ini rada seru buat dipikirin iseng-iseng gitu.

Orang yang hunting dulu kan mostly cowok, yang akhirnya bikin badan mereka bagus, berotot, bisa ngelakuin banyak tugas berat yang memerlukan kekuatan fisik yang enermous. Hal ini juga ngaruh ke tingkat intuisi mereka untuk ngebaca arah, atau mungkin dulu ngerasain keberadaan hewan, trus juga punya pemikiran yang bagus karena mau gak mau, buat hunting, mereka butuh strategi yang bagus buat nangkep buruan mereka. Dari hal-hal di atas, sebenernya kita bisa lihat ke lingkungan sekitar kalo cowok zaman dulu tuh kayak ninggalin traces buat keturunan mereka, jadi keturunan-keturunan ini punya kebiasaan yang sama yang malah jadi hal yang permanen, sampe sekarang.

Lanjut ke gathering. Orang-orang yang gathering ini biasanya kan stay di teritori mereka dan kerja nya itu gak seberat orang hunting, karena mereka cuma ngumpulin buah-buahan dan mengandalkan keadaan alam sekitar. Alhasil, mereka banyak gabut nya. Mostly, food gathering ini dilakuin sama cewek-cewek. Mereka juga kan harus mengasuh anak, otomatis mereka lebih sering stay di shelter dan ya mungkin kerjaannya jadinya ngobrol, ngurusin anak, ngerumpi, dll. Maknya mereka jadi orang-orang yang lebih penyayang dan bisa jadi tempat curhat yang baik gitu, dari jaman dulu kayaknya udah gitu hahahahaha.

Nah, trus gua biasa lah mikir ngalor ngidul gajelas. Gua kepikiran, what if, kalau cowok gathering, sedangkan cewek yang hunting, pas zaman prasejarah? Kira-kira bakal banyak hal yang berubah kah? Apa bakal banyak yang jadi kebalikan? Apa cowok bakal seneng ngerumpi dan drama-drama? Apa cewek bakalan berotot dan gak curvy imut-imut? Apa cowok yang bakal nunggu buat ditembak cewek? Apa cowok yang bakal ngomong ‘ah gua kan cowok, masa gua yang ngejar’?

Sebenernya banyak lagi yang kepikiran, hal-hal yang kadang gak sesuai dengan keadaan yang terjadi sekarang, gimana kalo itu yang terjadi, selalu ada di benak gua.

Sebenarnya tentang cewek ngelakuin a dan cowok ngelakuin b itu mungkin cuma kecenderungan yang terjadi di sekitar, gak selamanya hal-hal itu berlaku, mungkin juga karena zaman yang udah berkembang, latar belakang seseorang juga mempengaruhi, dan banyak variabel lainnya.

Sekarang keadaan lebih kompleks dan ngebentuk sikap dan kepribadian orang dengan cara yang berbeda-beda, tentunya. Gak sesimple dulu yang kerjaannya cuma nyari makan, sintas, cari tempat berteduh.

Tapi gua senang karena cewek gathering their food back then. I can’t imagine kalo mereka hunting dan jadi berotot, hmm.

Another thought, I guess.

Leave a Reply

