Curhat

A glimpse of curhat

Biasanya gua emang suka merhatiin sekitar kalo lagi nyetir atau naik motor. Biasanya banyak hal yang kepikiran pas ngeliat orang-orang sekelibat.

Siang ini gua mau ke Pondok Indah buat benerin handphone, seperti biasanya gua lewat jalur rel kereta Bintaro, di sebelah kanan, gua ngeliat banyak kafe buat anak-anak ngegaul, ironinya di seberang kafe-kafe ini, rumah penduduk pinggiran rel keadaannya berkebalikan sama kondisi seberangnya. Rel kereta api sendiri kayak pemisah pasif antara keadaan fisik mereka.

Gua nggak pernah yang namanya bener-bener ngelakuin sesuatu buat orang-orang seperti mereka. Dengan keadaan ekonomi gua yang berkecukupan, gua ingin fit my shoes in theirs, gua mau tahu apa sih yang mereka rasakan, gimana kalo gua jadi mereka, kenapa gua masih kurang bersyukur sama keadaan gua, terkadang gua pingin baju bagus, sedangkan mereka mungkin cuma beli baju di pasar kaget dan itu udah ngebuat mereka ngembangin senyum mereka.

Terkadang gua merasa hidup ini gak adil, di satu saat gua bisa ngadem naik mobil, ironinya gua melihat bapak-bapak yang narik gerobak asongannya, dengan kulit legam yang berkeringat, ingin rasanya gua menolong, seenggaknya ngasih aqua atau nasi padang. Sering kepikiran kayak gitu, tapi belum pernah gua lakuin.

Salah satu temen gua bilang, kalo kita gak seharunya terlalu mengasihani mereka, itu bisa jadi salah mereka saat mereka pas masih muda. Mungkin mereka gak manfaatin waktu belajar mereka pas di sekolah. Ya intinya rasional gitu lah katanya.

Kadang kepikiran pingin ngelakuin suatu perubahan yang besar untuk melawan kemiskinan, tapi gua gak punya power buat ngelakuin itu, terutama di umur gua yang sekarang. Apakah dengan ngasih aqua udah bisa ngasih perubahan buat kemiskinan? Gua gaktau. Gua gak tahu apa yang dilakukan pemerintah untuk nuntasin kemiskinan. Gua pingin punya kekuatan to make this world such a better place. I bet everyone does want to live in a better place.

Keliatannya gua pengen banget nuntasin masalah-masalah orang lain, apalagi kemiskinan, mungkin aja ini cuma karena gua masih muda, masih dikasih jajan sama orangtua, karena gua punya banya energi tapi gak punya uang untuk ngapa-ngapain, makanya gua kepikiran mereka. Makanya gua bisa sedikit ngerasain jadi mereka pas gak ada uang.

Gua gak tau apa yang gua bakal lakuin ketika gua udah lebih mandiri nanti. Mungkin aja idealisme gua berubah, mungkin aja gua udah gak ngeliatin sekeliling. Mungkin aja gua jadi orang-orang yang tergila-gila sama harta, yang nggak punya empati.

But, I wish, I wish my feet can fit in any kind of shoes, not only this present, but also in the future.

Leave a Reply

